Wednesday, May 22, 2019

Belajar HTML Mulai dari Dasar Hingga Mahir Tahap Ketiga, Elemen HTML


SANGAT penting untuk diketahui, elemen HTML biasanya terdiri dari tag awal dan tag akhir serta konten yang disisipkan di antara:

<namatag>Konten ada di sini ... </namatag>

Sebelum kita lanjut lebih jauh, mungkin kamu belum paham apa fokus kita kali ini.

Bila kamu belum paham, sebaiknya kembali ke materi sebelumnya: Belajar HTML Mulai dari Dasar Hingga Mahir Tahap Kedua, Dasar-dasar Tag

Elemen HTML adalah segalanya mulai dari tag awal hingga tag akhir:

<p> Paragraf pertama saya. </p>

Tag PembukaKonten ElemenTag Penutup
<h1>Judul Pertama Saya</h1>
<p>Paragraf pertama saya</p>
<br>


Elemen HTML tanpa konten disebut elemen kosong.

Elemen kosong tidak memiliki tag akhir, seperti elemen <br> yang menunjukkan jeda baris.

Elemen HTML Bersarang

Elemen HTML dapat disarangkan (elemen dapat berisi elemen).

Semua dokumen HTML terdiri dari elemen HTML bersarang.

Contoh ini berisi empat elemen HTML:

<!DOCTYPE html>
<html>
<body>

<h1>Judul Pertama Saya</h1>
<p>Paragraf pertama saya.</p>

</body>
</html>

Penjelasannya, elemen <html> mendefinisikan seluruh dokumen.

Ini memiliki tag awal <html> dan tag akhir </html>.

Konten elemen adalah elemen HTML lain misalnya elemen <body>.

<html>
<body>

<h1>Judul Pertama Saya</h1>
<p>Paragraf pertama saya.</p>

</body>
</html>

Elemen <body> mendefinisikan badan dokumen.

Ini memiliki tag awal <body> dan tag akhir </body>.

Konten elemen adalah dua elemen HTML lainnya, misalnya <h1> dan <p>.

<body>

<h1>Judul Pertama Saya</h1>
<p>Paragraf pertama saya.</p>

</body>

Elemen <h1> menentukan judul.

Ini memiliki tag awal <h1> dan tag akhir </h1>.

Konten elemen adalah: Judul Pertama Saya.

<h1>Judul Pertama Saya</h1>

Elemen <p> mendefinisikan paragraf.

Ini memiliki tag awal <p> dan tag akhir </p>.

Konten elemen adalah: Paragraf pertama saya.

<p>Paragraf pertama saya.</p>

Pentingnya Tag Akhir

Beberapa elemen HTML akan ditampilkan dengan benar, jika kamu lupa tag akhirnya akan tampil seperti berikut ini:

<html>
<body>

<h1>Judul Pertama Saya
<p>Paragraf pertama saya.

</body>
</html>

Namun, contoh di atas berfungsi di semua browser, karena tag penutup dianggap opsional.

Jangan pernah melakukan hal ini.

Mungkin bisa berhasil, atau kesalahan yang tidak terduga jika kamu lupa tag akhir.

Elemen HTML Kosong

Elemen HTML tanpa konten disebut elemen kosong.

<br> adalah elemen kosong tanpa tag penutup,

Tag <br> mendefinisikan jeda baris:

<p>Ini adalah <br> paragraf dengan baris baru</p>

Elemen kosong dapat "ditutup" di tag pembuka seperti ini: <br />.

HTML5 tidak memerlukan elemen kosong untuk ditutup.

Tetapi jika kamu ingin validasi yang lebih ketat, atau jika kamu perlu membuat dokumen yang dapat dibaca oleh parser XML, kamu harus menutup semua elemen HTML dengan benar.

Gunakan Tag Huruf Kecil

Tag HTML tidak peka huruf besar-kecil: <P> artinya sama dengan <p>.

Standar HTML5 tidak memerlukan tag huruf kecil.

Tapi, W3C merekomendasikan huruf kecil dalam HTML, dan menuntut huruf kecil untuk tipe dokumen yang lebih ketat seperti XHTML.

<- Tahap Kedua Tahap IV ->

0 komentar:

Post a Comment